Perjalanan Keliling Asia Tenggara Darat Dalam 14 Hari - PART 2 - Negara Singapore

SINGAPORE / SINGAPURA, Yeay finally sampe juga di Singapore untuk kesekian kalinya. Dan kalian tau apa yang terjadi? Jeng jeng jeng, untuk kesekian kalinya juga ditahan imigrasi Singapore. Haha, sepertinya perlu tambah nama ini biar gak terlalu pendek. Tapi karena sudah beberapa kali, jadi cuma ditahan sebentar, cek passport lalu dipanggil dan langsung lolos. 

Sebelum keluar iseng tanya mbaknya, emang kenapa dengan nama saya mba? Saya gak pernah nyakitin mba, gak pernah PHPin mba, tapi kenapa mba nahan saya? Uhuk. Ini bukan pertama kali saya ke Singapore, dan tiap kesini pasti selalu ditahan imigrasi.   

Mbaknya juga sempet gerogi jawabnya, mungkin karena aura ketampanan ini keluar, haha. Mbaknya bilang gak tau, tapi namanya sudah masuk sistem. Terus penulis tanya lagi, apa tiap masuk Singapore akan seperti ini mba? Mbaknya jawab kemungkinan besar iya, soalnya udah masuk sistem. Terus penulis bilang lagi, kalo setiap ke Singapore kamu yang nahan aku rela, uhuk uhuk sambil kabur. 

Ini pelajaran juga buat calon Bapak dan Ibu yang punya anak, please kasih nama jangan pendek pendek ya, kasihan nanti kalo ke negara lain, karena beberapa negara menerapkan minimal 3 suku kata. Soalnya kalo cuma satu kata, nanti pas discan muncul nama-nama lain yang sama dan siapa tau mereka black list, imbasnya ya ka kita pasti akan ditahan dulu untuk ditanya-tanya. Jadi, kamu mau namain ana kita siapa dek? Hemmm


Singapore adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mil) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan ketiga di dunia dan sebuah Kota Dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia. 

Penduduk Singapura terdiri dari Cina, Melayu, India, berbagai keturunan Asia dan Kaukasoid. Bahasa yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Inggris dan kadang ada juga yang bisa Bahasa Melayu. Untuk ke negara ini kamu perlu menukar uang terlebih dahulu ke dalam Dollar Singapura. 

Untuk transportasi di sini ada MRT, Transportasi Online semacam Grab, Bus dan Taxi, jadi mudah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Ini Jalur MRT yang bisa kalian jadikan pedoman

Nah kemarin dari Jakarta ke Singapore naik Airasia tiket promo yang sudah di booking setahun sebelumnya dengan harga Rp. 177.000,-. Jangan lupa kalo di Singapore kita harus isi form kedatangan yang biasanya dibagikan di pesawat, tapi seandainya tidak dibagikan maka kalian bisa isi sebelum check imigrasi di Bandarasa Changi. Kemudian kalo kalian sampe di Changi Airport, kalian bisa naik MRT buat ke hotel yang kalian tuju. Karena stasiun MRT sudah tersebar ke penjuru Singapore. Makanya penting juga buat kita cari Hotel atau penginapan yang deket sama MRT station atau Bus stop. 

Kalo kalian disini beberapa hari mending beli sekalian kartu MRTnya, harganya murah kok cuma 12 dollar dan isinya 7 dollar. Dan emang MRT disini murah buat kemana-mana. Kartunya gak cuma bisa dipake buat MRT tapi bus juga. Simpel kan, makanya saran penulis mending beli aja daripada ribet. Kartu ini berlaku 5 tahun loh, jadi bisa dipake lagi lain waktu kalo ke Singapore.

Nah penulis di Singapore nginep di mana? Ini nih tempat yang kemarin penulis nginep. Namanya Adamson Lodge @ Rochor. Ini itu sejenis hostel dan kamarnya dormitory room. Jujur penulis kurang suka sama yang dormitory room sebenernya, karena privasinya kurang terjaga. Tapi ada beberapa pertimbangan yang akhirnya penulis pilih.
  • Pertama hostel ini ya gak murah murah juga sih, haha. Kemarin penulis kena harga Rp. 423.539,- via traveloka untuk 2 malam, tapi suka karena deket masjid.
  • Kedua hostel ini deket banget sama station MRT Rochor, serius deket banget kayak hubungan kita. Ini pas banget depan Hostelnya, jadi kemana-mana kalian bakal gampang dan gak perlu jalan jauh-jauh.
  • Ketiga ada masjid Abdul Ghoofur deket sini, itu sebabnya kenapa penulis tetep pilih disini, penulis sendiri muslim, sebagai muslim berusaha untuk tidak meninggalkan sholat, nah kenapa penulis bilang kurang suka dormitory room karena kan kita kadang mau sholat juga gak nyaman kalo banyak orang dengan segala aktifitas di dalamnya. Cuma karena ini deket masjid jadilah penulis pilih Hostel ini, jadi tiap sholat bisa ke masjid. Cuma sholat subuh di Masjid Singapore agak beda ya, kalo misal di Jakarta setelah adzan paling lama nunggu 10 menit buat iqomah, nah disini itu harus nunggu 30 menit baru iqomah. Makanya pas pertama agak bingung, ini kok sholatnya gak mulai-mulai? Sampe ada kelompok Bapak-bapak dari Indonesia sholat jamaah duluan karena mungkin nunggunya agak lama ya, sampe bapak-bapak itu selesai, kita belum juga mulai sholat.
  • Keempat deket sini juga ada restoran India muslim yang buka 24 jam, jadi kalo kalian laper malem-malem bisa langsung ke restoran ini, harganya standard kok.
  • Kelima toilet dan kamarnya bersih, serius bersih gak pake banget sih. Tapi nyaman tinggal disini.
  • Keenam meski gak dapet breakfast, tapi kita bisa seduh teh atau kopi yang sudah disediakan sama pihak hostel, lumayan kan bisa ngopi gratis pagi-pagi apalagi sama kamu, uhuk.
  • Keenam staffnya ramah, sempet kenalan sama Louis yang jagain ini hostel, orangnya baik dan mau ngasih tau apa yang kita tanya. Tapi jangan tanya masa lalu dia ya, bikin baper, Uhuk


Nah selama di Singapore kemana aja? Ada apa aja sih di Singapore? Ya buat kalian yang pertama kali ke Singapore mungkin tujuan utamanya ke Merlion Park, sebagai referensi, ini nih tempat yang penulis datengin selama di Singapore:

1. MERLION PARK 


Ini nih tempat paling mainstream di Singapore, kenapa namanya Merlion? Jadi Merlion itu kepanjangan Mermaid and Lion, itu loh patung singa yang badannya duyung. Ya emang tempat ini selalu ramai sama pengunjung baik pagi, siang maupun malam. Emang apa bedanya pagi, siang dan malam? Setiap waktu punya keistimewaan masing-masing. Kalo pagi kita akan lihat sunrise yang Indah banget. Matahari mucul di belakang Singapore Flyer dengan warna orange yang terang. Serius indah banget, apalagi lihatnya sama kamu. Uhuk. Dan enaknya pagi itu gak terlalu rame, jadi mungkin orang-orang yang males bangun pagi belum beraktifitas, tapi tetep ada orang yang lari pagi atau berburu sunrise di tempat ini. Pokoknya tenang banget. 

Cara ke Merlion Park juga gampang banget, tinggal naik MRT dan turun di Raffles Place atau Esplanade, jangan turun di Bayfront karena Bayfront itu diujung Merlion Park, jadi kalian harus jalan agak jauh kalo mau ke Merlion Park. Dan untuk kesini itu gratis, kalian gak harus bayar tiket masuk. 


Kalo siang sih biasa aja ya, cuma patung biasa, tapi kalian dapat pencahayaan yang bagus karena matahari sudah terbit sempurna. Dan pastinya akan semakin rame dari waktu sunrise. 

Nah, kalo malem ada yang spesial nih. Apa tuh? Indomie ada yang spesial. Haha

Gak kok, jadi kalo malem itu patung yang warna putih tadi bisa berubah warna, jadi halilintar, jadi bunga, jadi kurucan air, jadi patung lagi, jadi apa lagi hayo? Ayo dibantu jadi apa prok prok prok. Plus kalian bisa lihat laser show yang muncul dari atas gedung Marina Bay Sands. Wow, amazing pokoknya permainan lampu-lampu LED dan Lasernya. Nah kalo kalian penasaran lagi bisa ke sisi gedung LV, disitu ada pertunjukan air mancur yang dikasih lampu warna - warni juga. Pokoknya malammu akan penuh warna, ya seperti malam penulis dengan kehadiranmu.





2. MARINA BAY SANDS



Ini nih hotel terkenal di Singapore, jenius sih bikin ide kapal pesiar di atas bangunan gedung. Kapan-kapan coba nginep disini sama kamu ya? Kamu mau kan? Uhuk

Ya meskipun gak masuk ke hotel kalian bisa tetep foto-foto kok dari Merlion Park dengan view hotel ini. Dan seperti tadi penulis bilang, di atas kapal pesiar kalo malem ada pertunjukan Laser Show jadi ajib banget nikmatin angin malam sama kamu sambil lihatin lampu - lampu, tapi baiknya kita ke penghulu dulu. 

Cara ke Marina Bay Sands juga gampang, tapi pastiin dulu, kalian mau ke Marina Bay Sands atau ke Merlion Park buat dapetin view Marina Bay Sands? Kalo mau ke Marina Bay Sands berarti kalian turun di MRT station Bayfront, karena itu pas banget di bawah gedung hotel Marina Bay Sands, tapi kalo kalian mau foto dan dapetin view gedung Marina Bay Sands berarti turun di Raffles Place atau Esplanade. Ya meskipun kalian bisa ke 2 tempat itu sekaligus dengan berjalan kaki ya sekitar 15 menit dari ujung Marina Bay Sands ke Merlion park, begitupun sebaliknya. Kesini juga gak pake tiket masuk kok, alias gratis. Dan di bawah Marina Bay Sands ada mall yang bisa kalian datengin siapa tau mau Belanja.


3. GARDEN BY THE BAY
 


Nah buat kalian yang suka pohon-pohonan bisa mampir kesini, jaraknya juga gak jauh kok dari Merlion Park, bisa jalan kaki. Lokasi ini semacan taman di tengah kota, banyak pohon hijau di area ini, bahkan kalo malem ada lampu-lampu terang di Supertree sekitar kawasan ini. Apa sih Supertree? Temennya Superman bukan?

Bukan, ini sejenis pohon buatan yang tinggi banget, dan ada lampu-lampunya. Tiap malem juga ada pertunjukan lampu di tempat ini disertai alunan musik. Kita bisa nikmatin sambil tiduran di rumput area ini. Bayangin tiduran sama kamu dirumput lihat pertunjukan ini, indah ya. 

Cara ke Garden By The Bay sama seperti ke Marina Bay Sands, kalian turun di Bayfront MRT station dan nanti ada petunjuk kok buat ke GBTB. Untuk tiket masuk GBTB juga gratis, kecuali kalian mau masuk ke Cloud Forest sama Flower Dome itu bayar.


4. CLOUD FOREST


Pas kalian abis jalan-jalan di Singapore dan bingung cari tempat ngadem, dateng aja ke Cloud Forest, ini masih satu area sama Garden By The Bay. 

Jadi konsepnya semacam hutan dalam ruangan, gak cuma hutan loh, kalian bisa nemuin air terjun pas pertama masuk pintunya. Seketika udara sejuk dan dingin langsung menyejukkan hati yang panas melihatmu dengan dia. Di dalamnya banyak berbagai jenis tumbuhan hijau. Hutan ini terdiri dari beberapa lantai, di dalamnya juga ada video penjelasan dan sejarah yang bisa kita baca. Pokoknya adem bener kayak rider. 

Cara ke Cloud Forest sama seperti ke GBTB karena memang satu kawasan, kalian turun di Bayfront MRT station dan nanti ada petunjuk kok buat ke GBTB dan cari petunjuk lagi ke Cloud Forest. Untuk tiket masuk Cloud Forest di bundling dengan Flower dome di traveloka sekitar Rp. 250.000,-.


5. FLOWER DOME






Kamu suka bunga apa perjaka? Eh. Buat kamu pecinta bunga tempat ini cocok banget. Biasanya tiketnya sudah di bundel jadi satu dengan Cloud Forest, jadi bisa dateng ke 2 tempat ini sekaligus. Harga tiketnya sekitar Rp. 250.000,- untuk 2 tempat dan bisa booking online di traveloka. 

Serius kamu pecinta bunga wajib datang kesini, disini itu ada banyak banget berbagai jenis bunga dari seluruh dunia, kecuali bunga desa. Nah kalo kalian beruntung dateng pas februari sampai maret itu ada bunga sakura yang lagi mekar di tempat ini, kebayang kan lihat bunga sakura langsung tanpa ke jepang. Dan gak cuma satu atau dua pohon, tapi banyak banget. Ada sakura putih dan pink. Selain bunga sakura tentunya masih banyak bunga-bunga lainnya yang bisa kalian temukan. Tapi jangan cari bunga desa, pasti gak akan ada, soalnya ini kota bukan desa. 

Tapi serius ini cocok banget buat kamu yang suka bunga denga warna - warna indah, wajib kesini. Dan tempatnya dingin banget, pastikan kalian bawa jaket kalo gak kuat dingin. 

Cara ke Flower Dome sama seperti ke GBTB karena memang satu kawasan, kalian turun di Bayfront MRT station dan nanti ada petunjuk kok buat ke GBTB dan cari petunjuk lagi ke Flower Dome. Untuk tiket masuk Flower Dome di bundling dengan Cloud Forest di traveloka sekitar Rp. 250.000,-.


6. MASJID SULTAN 



Buat yang mau berburu masjid datang aja ke masjid sultan. Ini masjid dengan warna emas di Arab street. Indah banget masjidnya, pesen juga kalo kalian travelling kemana-mana jangan lupa mampir ke masjid terus sholat untuk yang muslim. Kaki boleh melangkah jauh ke ujung dunia, tapi jangan pernah lupa siapa yang menciptakan dunia dan isinya. 

Kalian yang mau cari makanan halal disini tempatnya, yang terkenal di depan masjid ini ada Zam Zam Restaurant yang banyak pilihan menunya, cobain juga martabak rusa yang rasanya enak banget. Kalo kalian mau coba nasi lemak ada tempat makan Malaysia gak jauh dari sini, letaknya dipojokan dan nasi lemaknya enak. Kalo kalian mau masakan Indonesia juga ada rumah makan padang sama masakan khas indonesia juga di sekitar kawasan masjid ini. Pokoknya puterin aja area masjidnya pasti kalian bakal nemuin banyak rumah makan halal.  

Cara ke Masjid Sultan juga gampang kok, tinggal naik MRT dan turun di Bugis station. Kemudian jalan kaki ke arah kampong Glam, dan menara masjidnya nanti akan kelihatan. Jangan lupa sholat ya buat yang muslim, jangan cuma foto-foto aja.


7. HENDERSON WAVE BRIDGE


Yang penasaran sama jembatan ini wajib dateng, kenapa namanya Henderson Wave Bridge? Soalnya emang ini jembatan yang letaknya di atas jalan Henderson dan bentuknya seperti ombak. Waktu pagi hari banyak banget orang yang kesini untuk olahraga atau sekedar berfoto. Cuma sebelum sampai jembatan, kalian harus naik anak tangga dulu yang jumlahnya kurang lebih seratusan. Tapi sebanding pas sampai di atas lihat view jalanan, laut serta sisi lain kota Singapore. Cuma tips aja jangan pas siang ya, soalnya panas banget karena matahari lagi di atas, dan kalo siang juga gak terlalu rame mungkin karena panasnya itu. 

Cara ke Henderson Wave Bridge agak panjang emang, tapi masih mudah kok. Cukup naik MRT ke arah Harbour Front kemudian keluar melalui pintu C dan ke arah bus station. Naik bus nomor 131 atau 145, setelah bus jalan nanti akan belok kanan ke arah Henderson Street. Kita harus berhenti di Halte kedua setelah bus belok ke jalan Henderson Street. Dan Henderson Wave Bridge ada di seberang jalan. Tapi kita harus naik tangga yang jumlahnya kurang lebih seratusan buat ke jembatan ini.


8. ORCHARD ROAD


Jalanan paling terkenal di Singapore ya ini, sebenernya dulunya ini cuma jalanan perkebunan biasa. Cuma sekarang berubah jadi jalanan paling elit karena kiri kanannya banyak pusat perbelanjaan. Tapi khasnya disini cobain eskrim potongnya yang enak.

Cara ke Orchard Road gampang banget, naik MRT dan turun di Orchard station. Sampailah kalian di Orchard Road.

9. UNIVERSAL STUDIO SINGAPORE




Buat yang pengen main wahana ala dufan dan jatim park bisa mampir ke tempat ini. Tapi harga tiket masuknya agak mahal yaitu Rp. 400.000,- di traveloka. Nah karena penulis sayang uang biar bisa buat biaya nikah kita nanti, uhuk. Jadi penulis gak masuk dan cuma foto di depan bola besar dengan tulisan universal studio. Gak apa-apa abang gak masuk dek, yang penting nanti kesini lagi sama adek kalo udah sah.

Nah Universal Studi masuk ke kawasan Sentosa World, disini gak cuma ada Universal Studio aja, tapi juga ada Sea Aquarium dan lain lainnya dan bisa sekedar foto-foto di sekitar kawasan ini. Kalian tinggal pilih mau masuk wahana mana, masuk ke hati penulis juga boleh. Uhuk

Cara ke Universal Studio SIngapore gampang kok, tinggal naik MRT dan turun di Harbour Front station, kemudian naik ke lantai 3 dan sambung monorail turun di waterfront station.


CERITA TAMBAHAN PAS DI SINGAPORE

Jadi kemarin selama di Singapore pas di Henderson Wave Bridge ketemu sama 3 emak - emak dari Batam yang memang niat banget datang ke Singapore, kenapa? Iya mereka bertiga itu cuma PP dari Batam - Singapore - Batam, meskipun Batam deket tapi salut sama emak - emak ini yang memang sudah berumur. Dan kalian tau, mereka udah siapin beberapa baju ganti untuk tiap spot yang mereka datangi, pantes tas yang mereka bawa sepertinya berat.

Nah akhirnya karena penulis sendiri dan tampangnya lumayan, haha. Jadilah diajakin bareng sama emak - emak ini, ya mereka seru, diumur yang sudah tidak muda, tapi tetap semangat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang notabennya di Singapore ini kebanyakan harus jalan kaki, Luar biasa.

Pas naik tangga ke Henderson Wave Bridge ini emak - emaknya pada semangat, padahal penulis sendiri udah keringetan karena cuaca panas. Haha. Pokoknya salut sama emak - emak ini yang luar biasa. Sampe akhirnya kita makan bareng di deket Harbour Front, dan penulis ditraktir makan siang, wah lumayan bisa hemat, haha.

Setelah makan kita balik lagi jalan ke Garden By The Bay, meskipun penulis udah pernah kesini, tapi gak apa-apa kesini lagi nemenim emak - emak buat foto-foto, dan mereka kayak gak ada capeknya loh, padahal itu siang bolong yang matahari lagi terik.

Sampai akhirnya kita berpisah di MRT station, karena penulis harus balik ke hostel untuk sholat, dan mereka harus balik ke Batam menggunakan kapal. Terima kasih emak - emak kece dan luar biasa. 








Cek cerita selanjutnya di sini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Murah Tanjung Pasir - Pulau Seribu (Pulau Untung Jawa)

Air Terjun / Curug Cismun Taman Cibodas - Puncak Bogor

Liburan Singkat Sehari Dari Jakarta - Pantai Sambolo Anyer - Sultan Hasanudin - Maulana Yusuf - Alun Alun Kota Serang

Pulau Pari, Pulau Berbentuk Ikan Pari - Kepulauan Seribu, Jakarta

Indahnya Pesona Kawah Gunung Galunggung dan Pemandian Air Panas Cipanas