Perlengkapan dan Persiapan Ke Jepang Musim Dingin / Salju

Bicara soal liburan musim dingin, Jepang menjadi negara tujuan yang layak untuk dipertimbangkan, selain karena salju yang ada di negara ini khususnya di wilayah Hokkaido, banyak hal menarik mengenai Jepang yang tidak boleh kalian lewatkan. Nah, buat kalian yang mau liburan musim dingin di jepang, apa aja sih perlengkapan dan persiapan yang diperlukan, berikut daftar persiapan dan perlengkapan yang aku gunakan ketika ke Jepang dalam musim dingin (aka musim salju):

Yakin gak mau pergi bareng abang?

1. Tiket Pesawat dan Paspor
Tiket Pesawat dan Paspor
Kenapa ini jadi yang pertama? ya, tanpa tiket pesawat dan paspor kalian tidak bisa pergi ke luar negeri. Untuk tiket pesawat sendiri terkadang banyak promo dari beberapa airlines untuk tujuan ke Jepang, biasanya ANA AIR atau JAPAN AIRLINES sering memberikan promo menarik yang harus kalian buru tiketnya ketika ada promo. Dan paspor harus dalam keadaan masih berlaku cukup lama.


2. Visa
Visa Waiver
Beberapa negara tujuan sudah membebaskan visa untuk masuk ke negaranya, tapi untuk Jepang masih memerlukan visa. Kabar baiknya, untuk kalian pemegang e-paspor, pembuatan visa waiver Jepang sangat mudah, hanya perlu membawa paspor asli dan mengisi formulir pengajuan paspor di Kedutaan Besar Jepang. Prosesnya juga sangat cepat, dalam waktu 2 hari paspor kalian sudah selesai, biayanya gratis loh. Tapi untuk kalian pemegang paspor biasa, proses pengajuan visa memerlukan usaha lebih dibanding pemegang e-paspor.


3. Hotel / Penginapan
Hotel di Jepang
Jika kalian tidak memiliki kerabat di Jepang, otomatis tidak ada tempat untuk kalian istirahat. Hotel adalah pilihan tempat menginap yang harus di booking jauh - jauh hari. Banyak pilihan penginapan di Jepang, mulai dari hotel, hostel, apartement dan juga resort. Sesuaikan pilihan penginapan sesuai dengan budget, dan tips usahakan pilihlah penginapan yang dekat dengan stasiun agar memudahkan ketika ingin pergi ke tempat lain.


4. JR Pass
JR Pass
Ini penting banget kalo kalian mau pergi dari satu kota ke kota lain di Jepang, JR Pass akan sangat menguntungkan dibanding beli tiket satuan. bahkan harga tiket kereta dari Tokyo ke Sapporo bisa hampir sama dengan kalian beli JR Pass. Kalo kalian memang berencana berkeliling Jepang, JR Pass menjadi wajib banget kalian beli. mau tau lebih jauh tentang JR Pass? klik disini.


5. SIM Card / Wifi Pocket
Sim Card
Nah buat kalian yang mau stay connected di social media, yang suka upload - upload story wajib banget buat beli simcard lokal ataupun sewa pocket wifi, memang sih, di Jepang itu banyak banget titik wifi signal yang bisa kalian dapatkan secara free, tapi lebih baik kita siapkan sendiri agar lebih aman ketika ada kebutuhan urgent untuk menggunakan internet. Dan beli simcard lokal akan lebih murah daripada beli paket internet menggunakan provider di Indonesia. Kalo aku sendiri beli di Klook dengan pilihan paket 10 hari kuota 1GB per hari harganya gak sampe 200ribuan. Dan simcard ini bisa dikirim ke alamat kamu, dan tentuin kapan tanggal aktivasinya. Pas sampe jepang tinggal kamu pasang, langsung aktif deh.


6. Uang Tunai dan Kartu Kredit / Debit
Uang dan kartu Kredit / Debit International
Meskipun kalian punya kartu kredit atau debit international, tapi kalian wajib menukarkan uang tunai ke dalam mata uang yen untuk berjaga-jaga. Karena tidak semua tempat di jepang menerima pembayaran dengan kartu. Jika nanti memang kurang, kalian bisa ambil uang tunai di ATM terdekat yang ada logo visa atau mastercard. Jangan cari logo ATM Bersama, sepertinya gak ada.


7. Itinery Perjalanan
Itinery
Untuk kalian yang ingin ke Jepang, disarankan untuk membuat itinery, karena ini akan sangat membantu tujuan kalian ketika di Jepang, jadi gak bingung lagi di Jepang mau ngapain, di Jepang mau apa, mau kemana? Tiket.com aja, loh. 
Agar perjalananmu lebih rapi dan terjadwal, itinery menjadi wajib kamu buat. Gak usah terlalu detail, minimal ada tujuan tempat mana aja nih yang mau kamu datengin.


8. Koper atau Ransel
Kamu, tim koper apa ransel?
Pilihan koper dan ransel menjadi kebutuhan masing - masing orang, untuk musim dingin penggunaan koper sepertinya lebih menguntungkan di banding ransel. Karena dengan adanya pakaian tebal, maka akan membutuhkan banyak space yang diperlukan. Jepang sendiri merupakan negara yang ramah untuk tim koper. Nah, ransel atau daypack bisa kalian bawa untuk kegiatan travelling sehari - hari selama di Jepang.


9. Jaket Hangat
Jaket sesuai selera
Berhubung musim dingin, kalian perlu banget bawa jaket tebal dan hangat. Sebenernya satu aja cukup, cuma minimal bawa 2 untuk outfit foto biar gak pake jaket itu-itu aja. Secara nanti kan mau di upload, apa iya jaketnya cuma satu? Tapi kalian juga bisa beli jaket tambahan di Jepang loh, selain harganya lebih murah, pilihan modelnya juga lebih banyak.


10. Long John & Baju Heattech
Longjohn & Heattech
Nah, untuk musim dingin kalian juga wajib bawa ini. Di Uniqlo banyak banget pilihannya yang terbukti cukup membantu memberikan kehangatan, tapi gak sehangat pelukan mantan, Eh.


11. Pakaian Ganti
Pakaian Ganti
Pakaian ganti cukup kalian bawa seperlunya sesuai kebutuhan, seperti pakaian dalam, pakaian tidur dan pakaian sehari - hari selama di Jepang. Nah uniknya nih, selama menginap di Jepang, di kamar tersedia baju tidur yang menurutku cukup membantu ketika stok baju tidur sudah habis.


12. Penutup Telinga
Penutup Telinga
Ini sih ngebantu banget pas di Jepang musim salju, mungkin sebagian orang ada yang tidak memerlukan benda ini, tapi selama di Sapporo dengan suhu -7C, penutup telinga menjadi sangat diperlukan, apalagi kalo jaket kalian tidak memiliki penutup kepala. Dan aku pilih model ini karena terkesan simpel tapi bagus.


13. Sepatu
Sepatu
Sepatu menjadi barang wajib juga untuk liburan musim dingin, karena tidak mungkin menggunakan sendal. Usahakan memilih sepatu yang peruntukannya untuk musim dingin, penggunaan boot sangat direkomendasikan, karena selain tahan air, juga memiliki sol yang aman untuk berjalan di atas salju. Bawa juga sepatu casual ketika kalian di Tokyo. Minimal bawa 2 sepatu, tapi jika kalian ingin beli di Jepang, banyak banget tempat sepatu murah disini.


14. Kaos Kaki
Kaos Kaki
Kaos kaki tebal menjadi satu hal yang harus kalian pilih, dengan suhu dingin, kaki juga perlu dihangatkan. Dan penggunaan kaos kaki tebal akan sangat membantu menghangatkan kaki yang dingin. Cukup sikap dia saja yang dingin, kaki jangan.


15. Syal
Syal is Cool
Benda ini sebenernya gak terlalu wajib banget, cuma bisa buat persiapan jika memang cuaca terlalu dingin, bisa membantu untuk menutup bagian leher dan wajah karena angin yang dingin.


16. Topi / Kupluk
Kupluk
Untuk kalian yang tidak memiliki jaket dengan penutup kepala, topi / kupluk ini menjadi wajib untuk melindungi kepala agar terlindungi dari udara dingin, karena dengan udara yang terlalu dingin bisa membuat sakit kepala bahkan mimisan. Nah buat yang males sama bad hair, ini bisa jadi alat untuk nutupin rambut kamu yang lagi gak bersahabat.


17. Sarung Tangan
Sarung Tangan
Penggunaan sarung tangan sangat disarankan, dengan cuaca yang sangat dingin, bisa membuat tangan menjadi beku. Usahakan pilih sarung tangan yang bisa mengakses layar handphone, sehingga tidak perlu untuk melepas sarung tangan jika ingin menggunakan handphone di saat tertentu.


18. Kacamata
Kacamata is Cool
Sepertinya ini juga barang wajib yang harus dibawa saat travelling kemanapun, fungsinya sih selain untuk menangkal sinar matahari, juga untuk menambah penambilan biar makin kece.


19. Travel Adaptor
Travel Adaptor
Untuk simpel kalian bisa beli travel adaptor yang multifungsi, aku rekomendasikan travel adaptor dari ACE HARDWARE dengan merek KRISBOW, satu travel adaptor bisa untuk semua negara. Di jepang menggunakan colokan 2 kaki yang tipis. 


20. Obat - Obatan
Obat-Obatan
Ini penting banget kalian bawa, apalagi untuk kalian yang memiliki kondisi medis tertentu dan memerlukan obat khusus. Untuk obat umum yang biasa aku bawa biasanya obat sakit kepala, obat maag, plester luka, obat masuk angin, antimo dan obat-obatan umum lainnya. Obat Sariawan sangat dianjurkan, pengalaman sendiri lagi sariawan pas di Jepang.


21. Pelembab Bibir
Pelembab Bibir
Bibir kamu kering? pelembab bibir menjadi satu barang yang wajib dibawa. Suhu dingin membuat bibir kalian kering dan pecah. Penggunaan pelembab sangat membantu melembabkan bibir kalian yang kering akibat kedinginan.


22. Camilan dan Saos Sambal
Saos Sambal
Karena perjalanan ke pesawat Jepang memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi jika ditambah kalian akan ke Sapporo dan Osaka dengan Shinkansen, pasti butuh camilan untuk mengusir rasa jenuh, dan jika kalian membawa anak - anak, camilan akan sangat dibutuhkan. Untuk saos sambal sendiri, terkadang di luar negeri tidak ada saos sambal, sedangkan kita mayoritas adalah penyuka pedas, saos sambal menjadi barang wajib yang harus dibawa, plus tambah bon cabe makan sama ramen, dengan cuaca salju, waaaah sepertinya enak. Tips nih, kalo kalian bawa saos sambal, minuman atau bon cabe, usahakan letakkan di bagasi, dan jangan dibawa ke cabin, karena beberapa maskapai mungkin melarang membawa benda tersebut atau cairan di atas 100 ml. Pengalaman, bon cabe dan kawan-kawannya ditahan pas di Bandara.


23. Peralatan Mandi
Toiletries
Biasanya di hotel sudah disediakan peralatan mandi, tapi untuk jaga - jaga aku pribadi suka bawa peralatan mandi sendiri. Seperti handuk, sabun mandi, shampoo, sikat dan pasta gigi, dll sesuai kebutuhan.


24. Parfum
Parfum
Ini barang yang selalu aku bawa kemanapun, meskipun kita belum mandi, minimal wangi. Sukanya parfum ini tuh kemasannya kecil dan wanginya khas, yang belum tau wanginya harus coba sih.


25. Power Bank
Power Bank
Penting juga nih bawa power bank saat travelling, gak mungkin kan, saat kita lagi lihat map, lagi browsing atau update foto tiba-tiba baterai hp habis, mau cari tempat charger ribet. Nah power bank wajib banget kamu bawa kemanapun saat travelling.


26. Kamera dan Laptop
Kamera dan Laptop
Kalo barang ini sih tergantung kebutuhan tiap orang, soalnya kalo kamera gak terlalu kepake karena sekarang sudah ada handphone yang kualitas kameranya juga cukup bagus. Dan kalo laptop sepertinya gak setiap orang butuh laptop, tapi kalo buatku, ini barang wajib yang harus dibawa meski nantinya kepake atau enggak. Soalnya kadang suka ada kerjaan yang mendadak harus di email, jadi laptop sudah jadi barang yang wajib selalu dibawa kemanapun, bahkan pernah ke Annapurna Basecamp Everest bawa laptop, kebayang kan beratnya?


Mungkin itu barang - barang yang aku rekomendasikan untuk travelling ke Jepang saat musim dingin, kira - kira kamu punya saran barang lain yang wajib di bawa gak? Sssst jangan bawa mantan, nanti ribet. Uhuk

You Might Also Like

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan etika yang baik, untuk maksud baik dan tujuan yang baik.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak.

Top Categories